Tips Mempercepat Booting Komputer

Terkadang booting komputer kita berjalan dengan sangat lambat. Hal ini biasanya dikarenakan komputer kita memiliki terlalu banyak autoloading program. Hal ini akan menyebabkan terlalu banyaknya proses load program setiap komputer booting atau startup.
Memang ada beberapa software yang otomatis menjadikan dirinya startup program atau sehingga akan di load setiap komputer baru dihidupkan. Padahal software terebut tidak harus di load saat startup. Anda bisa mematikan autoloader software tersebut secara manual. Saya sendiri hanya meninggalkan antivirus dan beberapa software dasar lainnya di laptop saya. Hal ini memang berdampak signifikan terhadap peningkatan kecepatan komputer saat startup.
Jika komputer anda booting terlalu lama, mungkin memang terlalu banyak program yang autoloader atau startup program di komputer anda. Untuk mematikannya, berikut ini saya bagi tips dan langkah – langkahnya :
1. Sebelum melakukan apapun, buatlah terlebih dahulu System Restore point. Untuk di windows XP anda bisa memilih Start -> All Programs -> Accecories -> System Tools -> System Restore. Kemudian pilih Create a restore point, klik next dan ikuti wizardnya. Jika anda menggunakan vista, maka anda tinggal klik Start, kemudian ketikkan tempat pencarian sysdm.cpl dan tekan Enter
Pada Tab System Protection, Pilih Create
Beri Nama Restore Point

2. Untuk melihat dan mengatur program autoloader atau startup program, klik Start -> Run -> ketikkan msconfig (untuk windows XP) atau Start -> ketikkan msconfig di kolom pencarian (untuk windows Vista)
3. Pilih program mana saja yang ingin anda hilangkan dari startup program dengan cara menghilangkan centang dan klik apply.
Hilangkan centang program dan klik apply
Anda bisa menghilangkan program yang menurut anda tidak harus dijalankan di awal komputer dihidupkan. Anda sebaiknya tidak menghilangkan antivirus, firewall, software security, serta driver – driver autoloader karena hal itu memang dibutuhkan untuk selalu berjalan setiap komputer dihidupkan. Untuk program lainnya bisa anda pilih sesuai keinginan anda.
Terkadang ada beberapa program yang muncul lagi di startup program walaupun sudah anda hilangkan. Jika anda mengalami hal ini, kemungkinan ada setting di program tersebut yang bisa anda hilangkan. Misalnya di setting program tersebut ada “launch when windows start” atau “put in system tray” dan sebagainya. Anda harus menghilangkan centang dan menonaktifkannya.
Selain itu lambatnya startup komputer terkadang juga disebabkan oleh registry yang overload dan registry yang corrupt. Untuk memperbaikinya sebaiknya jangan menggunakan software registry cleaner yang sembarangan karena terkadang bisa berakibat buruk dan berbahaya bagi registry anda.Untuk software registry cleaner yang gratis dan bagus, akan saya posting di tutorial berikutnya.

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tips Dan Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s