Cara Meningkatkan Kecepatan Download Torrent

File Torrent menyimpan metadata yang digunakan untuk BitTorrent, atau dengan kata lain bahwa torrent memiliki informasi tentang informasi dari pasangan file target yang berbeda tetapi tidak memiliki informasi dari konten file tersebut. Jika kita ingin mengunduh (download) file toreent, maka kita harrus menggunakan perangkat lunak yang berbeda. Perangkat lunak tersebut adalah BitTorrent. Cara kerja yang dilakukan oleh program BitTorrent yaitu program ini akan melakukan analisa terlebih dahulu terhadap data yang akan didistribusikan dan membaginya ke dalam berbagai file chunk kecil untuk didownload. Setelah itu, semua info metadata (ukuran, tanggal, dst) dari dokumen yang di download, termasuk berapa banyak file chunk yang dibuat, dengan format.torrent.

Berikut beberapa langkah mudah untuk meningkatkan kecepatan download torrent Anda :

1. Memilih klien BitTorrent yang tepat

Gunakan klien torrent yang tepat seperti uTorrent, Vuze, Deluge atau klien BitTorrent itu sendiri. Pilihan klien yang digunakan harus selalu diperbarui agar proses download yang dilakukan tidak mengecewakan kita, karena update yang dilakukan akan memperbaiki celah kelemahan pada versi sebelumnya. Yang mana software torrent favorit? Sejauh ini kami paling menyukai client uTorrent.

2. Dapatkan Seed dan Peer Yang Baik

Sebelum kita menentukan untuk memilih mendownload sebuah file tertentu melalui jaringan torrent, perlu Anda perhatikan terlebih dahulu untuk memperhatikan perbandingan antara jumlah seeder dan jumlah leecher yang ada untuk file tertentu. Orang yang sudah memiliki file yang kita cari secara penuh disebut sebagai seeder. Dan yang belum memilikinya secara penuh atau yang tidak ingin mensharing dengan kita dinamakan leecher. Jadi dapat ktia ambil kesimpulan bahwa semakin banyak seeder, kecepatan download akan semakin tinggi. Dan sebaliknya, secara logika kecepatan akan menjadi lebih lambat jika semakin banyak leecher. Pada umumnya website yang menyediakan file torrent kepada kita akan menampilkan jumlah statistik untuk seeder, peer, dan leecher dari file tersebut. Sehingga tentunya hal ini akan memudahkan kita untuk menganalisa pada tahapan ini.

3. Meningkatkan Max Half Open TCP

Angka ini menentukan berapa banyak koneksi klien torrent berusaha untuk menetapkan secara simultan pada waktu tertentu. Windows XP dengan Service Pack 2 (SP2) atau Windows dengan versi terbaru, memiliki default limit 10 . Patch telah tersedia untuk sementara dari LvlLord yang memodifikasi file tcpip.sys di Windows untuk memungkinkan jumlah yang lebih tinggi dari koneksi TCP. Yang perlu Anda lakukan adalah mendownlad filenya dari www.lvllord.de/? lang=en&url=downloads, lalu menjalankan file patch yang disediakan di dalam file ZIP yang Anda download dari sana :

Setelah menjalankan patch, terlebih dahulu anda harus mengkonfigurasi jumlah koneksi yang akan digunakan pada klien torrent. Jika dalam uTorrent anda dapat mengkonfigurasinya dengan masuk ke Options – Preferences – Advanced – net.max_halfopen. Lalu anda atur dengan memasukkan nomor antara 50 sampai 100. Tapi lihat net.max_halfopen yang ditetapkan lebih rendah dari nilai yang ditetapkan dalam TCPIP.SYS.

4. Menembus Tembok Firewall

Firewall dapat memblokir semua koneksi melalui BitTorrent. Oleh karena itu firewall harus dimatikan terlebih dahulu atau diubah pengaturannya agar kompouter anda dapat mendownload file torrent. Konfigurasi firewall dipasang untuk menerima koneksi dengan memeriksa klien BitTorrent di daftar yang diperbolehkan yaitu Options – Preferences – Connection – tambahkan centang pada Add uTorrent ke Windows Firewall. Selain itu, Firewall yang “super advanced” dapat membatasi jumlah koneksi yang dapat dilakukan dan juga kecepatan yang diberikan oleh setiap software, termasuk software torrent. Karenanya, dengan mematikan Firewall atau setidaknya membuat settingnya lebih friendly dengan software torrent yang Anda pakai, dapat meningkatkan kecepatan Anda.

5. Mengupgrade Kecepatan Internet Anda

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan, jika cara lainnya tidak dapat bekerja dengan baik, atau masih belum memuaskan keinginan Anda. Terlebih dahulu anda harus memastikan berapa kecepatan maksimum untuk download maupun upload yang diberikan oleh ISP anda. Jika kita diberikan kecepatan download maksimum 382 kbps, maka tentunya kecepatan download torrent saja tidak akan melebihi yang telah ditetapkan oleh ISP. Untuk itu jika anda menginginkan kecepatan download yang tinggi, maka anda terlebih dahulu harus mengganti paket koneksi internet anda menjadi yang sesuai dengan keinginan anda.

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tips Dan Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s