12 Tips mengatasi komputer / laptop yang lemot

1. Untuk mengetahui mengapa komputer bekerja lambat, lemot, berat, maka kita perlu tahu program-program yang menggunakan memori yang besar. Cara mengeceknya dengan ‘Task Manager’.

Ctrl+Alt+Del >> Task Manager >> tab “Process”.

Di sini dapat terlihat aplikasi yang memakan memori. Silahkan di-close/end process program-program yang tidak diperlukan.

2. Mungkin komputernya terkena virus atau spyware. Bersihkan harddisk dengan antivirus terupdate. Gunakan antivirus yang lokal maupun interlokal. Yang lokal bisa pake Smadav/PCMav, yang internasional bisa pake AVG / Avast / BitDefender.

3. Matikan Start-Up Application. StartUp Application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan Windows. Cara untuk mematikannya: “Start” >> “Program” >> “Startup”.

Lalu Delete semua icon yang ada di folder StartUp.

Ada banyak start-up program lain yang mungkin tidak terdeteksi di folder start-up. Untuk mematikan program-program ini, bisa memakai program bernama “Whats Running”.

Cara menggunakannya ialah ;

Jalankan aplikasi What’s Running >> Tab “Startup” >> uncheck semuanya.

4. Coba lakukan hal ini:

Untuk Windows 7:

Control Panel >> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search) >> Adjust Visual Effects.

Di tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”, atau di list yang terdapat di bagian bawah, silahkan uncheck tampilan visual yang tidak diperlukan. Karena semakin banyak yang di-check, maka semakin banyak memori yang digunakan.

5. Coba gunakan program “TuneUp Utilities”. Program ini dapat menyelesaikan almost semua masalah penyebab komputer lambat. Aktifkan Turbo Mode agar kompi bekerja dengan lebih cepat.

6. Coba gunakan program bernama CCleaner. Program ini berfungsi menghapus data-data yang “kurang” diperlukan yang biasanya memakan memori komputer. Seperti temporary files, unused icons, permasalahan registry, cache, cookies, dll.

7. Kali ini coba lakukan “Disk Defragment”. Control Panel >> “Defragment” (gunakan fitur search). Lalu defragment Harddisknya.

8. Hapus file-file di dalam folder prefetch

Coba buka explorer >> C://windows/prefetch >> hapus semua file yang ada di dalam folder prefetch.

9. Mungkin ada sisa file program yang diuninstall. Karena tidak semua uninstall menghapus file-file yang seharusnya ikut dihapus. Cara manualnya, coba buka explorer >> C://program files >> lalu delete folder yang seharusnya sudah di-uninstall.

10. Gunakan program-program alternatif untuk mengganti program-program yang berat. Misalnya ; Microsoft Office diganti dengan OpenOffice, Internet Explorer >> GoogleChrome, Photoshop >> GIMP, Corel Draw >> InkScape , CounterStrike >> Solitaire, DoTa >> Backgammon.

11. Kalo dari semua alternatif di atas udah dilakukan, tapi masih lambat juga? Silahkan install ulang Operating System anda. Recommended pakai Ubuntu . Kalau gak biasa, pake aja Windos 7 atau XP (jangan pake windows vista).

12. Udah diinstall ulang tapi masih lambat? Tambah aja RAM nya, yang lebih besar.

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tips Dan Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s