Tips Cara pemakaian baterai laptop yang benar

Dibawah ini ada 3 cara pemakaian laptop yang mungkin berguna bagi anda yang ingin merawat baterai laptop agar lebih tahan lama. Anda bisa memilih manakah cara yang paling mudah buat anda.

Cara pemakaian baterai laptop yang benar :

1. Cara kompromi : Charge baterai hingga 95%an (gak perlu 100%), pakai hingga baterai mau habis 5-10% tergantung tipe laptop, ada laptop yang 15% sudah sekarat (laptop yang besar dan haus daya) ada juga yang 5% msh santai (netbook). Baru colok kembali charger sambil dipakai. Inget kalau udah mau penuh (95%an) lepas charge ulangin lagi.

2. Cara sedikit repot : Sama seperti diatas, tapi pada saat mau di charge, laptop tersebut di standby / Turn of / jangan dipakai, sewaktu battery sudah menunjukan status hijau / full baru kita copot chargernya. Hal ini untuk menghindari point 1 dan 2 diatas, dimana fungsi autoswitch diminimalkan, yang berimbas pada terhindarnya overcharge dan berkurangnya life cycle.

3. Cara repot : Matikan laptop, charge ampe full / hijau, lepas charger, lepas baterai lalu simpen di tas. Pake laptop via UPS biar aman. Pada saat travel / mobile baru dipasang lagi kembali baterainya. Cara ini tidak bisa dipakai untuk laptop dengan tipe baterai yang built in (contoh: MACBOOK UNIBODY).

Universal tips :

1. Jika memang harus memakai listrik luar, usahakan power managementnya di set untuk threshold switch ke eksternal power sourcenya cukup di 90% saja biar aman.

2. Usahakan untuk selalu memakai stabilizer/UPS jika ada, hal ini untuk menjaga jika ada kemungkinan terjadinya spike yang bisa merusak laptop anda (biasanya yang terkena pertama kali adalah adaptornya, sayang kan adaptor juga mahal).

3. Jangan memakai aksesoris berlebih yang menyumbat aliran udara laptop. Kalau anda pernah lihat laptop yang ditambahin tempelan Cat, lapisan pelindung, atau aksesoris lainnya .

Berikut adalah test drive pemakaian baterai laptop dengan laptop baru :

*Metode 1 (Cara Kompromi) umur baterai setelah 2 tahun kurang lebih capacity dari

kondisi awal msh 30-40%.

*Metode 2 (Cara sedikit repot) msh sisa 40-60%

*Metode 3 (Cara Repot) msh sisa 50-70%

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tips Dan Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s