LAN

Definisi LAN

LAN (Local Area Network) adalah jaringan Komunikasi Data berkecepatan tinggi dengan “fault-tolerant” , dengan cakupan area secara geografis relatif lebih kecil (lokal). Secara umum LAN biasanya menghubungkan beberapa “workstations”, “personal computers”, printers dan peralatan lainnya. LAN menawarkan bagi pengguan komputer banyak keuntungan, sperti fasilitas “shared access” pada data maupun aplikasi, dimungkinkannya pertukaran file antar komputer, komunikasi “e-mail”, antar “user” dan banyak keuntungan lainnya lagi.

  • Manfaat LAN

^ Merubah PC (Personal Computer) yang asalnya bekerja secara “stand-alone”, dirubah menjadi “multi function”.

^ Dapat melaksanakan pekerjaan dalam bentuk “sharing” printer (bersama).

^ Pemanfaatan pengguna file, data & aplikasi secara “sharing”.

^ Dimungkinkannya komunikasi antar “user”.

^ Transfer file antar “user” (download, upload).

^ Menekan biaya operasi pengolahan data, menjadi relatif murah.

    • Metode Akses Media LAN

^ Metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detect).

Pada setiap peralatan jaringan dapat langsung mengakses jaringan dengan catatan tidak ada peralatan komputer lain yang sedang menggunakan. Tetapi jika pada saa  yang bersamaan atau ada lebih dari 2 unit peralatan komputer yang lain ingin berkomunikasi, maka “collision” atau “tabrakan” akan terjadi. Kemudian kedua peralatan itu akan menunggu dalam waktu yang “random” (acak), sampai jaringan dapat digunakan. Contoh LAN yang memiliki protokol ini adalah Ethernet/IEEE 802.3, termasuk 100Baset.

^Metode Token Passing.

Dalam skema Token Passing, peralatan Network dapat mengakses jaringan saat memiliki token. Contohnya adalah Token Ring/IEEE 802.5 dan FDDI.

 

  • Metode Transmisi LAN

Terbagi atas 3, yaitu;

1. Unicast

Pada transmisi “Unicast” ini, sebuah paket akan dikirim oleh suatu “source” ke satu “destination” pada sebuah jaringan.

2. Multicast

Dalam metode transmisi ini sebuah paket dari suatu “source” dikirimkan ke beberapa (subset) “destination” pada jaringan.

3. Broadcast

Sebuah paket dikirim oleh suatu “source” ke seluruh “destination” yang ada didalam jaringan.

  • Topologi LAN

Terbagi atas 4 macam;

1. Topologi Bus

Topologi Bus adalah arsitektur LAN yang “linier” yaitu dimana transmisi dari suatu peralatan jaringan dipropagasikan ke seluruh media dan diterima oleh seluruh node di jaringan. Biasanya topologi ini digunakan pada implementasi jaringan Ethernet/IEEE 802.3, termasuk 100Baset.

2. Topologi Ring

Topologi Ring adalah arsitektur LAN yang terdiri dari susunan beberapa peralatan komputer yang terkoneksi melalui “un-idirectional” membentuk suatu “closed-loop”.

 3. Topologi Star

Topologi Star adalah arsitektur LAN dimana “enId point” dari jaringan terkoneksi melalui Hub atau LAN “switch” dengan “dedicated link”.

4. Topologi Tree

Topologi Tree adalah arsitektur LAN yang hampir sama dengan topologi bus, yaitu topologi bus yang bercabang-cabang.

  • Konesitas Peralatan LAN

1. Repeater

Secara umum “Repeater”  memungkinkan beberapa “segmen” kabel berlaku satu segmen. “Repeater” akan menerima sinyal dari satu jaringan/segmen, kemudian menguatkan dan mentransmisikan sinyal tersebut pada jaringan/segmen lainnya. “Repeater”  tidak dapat melakukan “complex filtering” dan memprose “trafik”.

2. Hub

Merupakan peralatan layer fisik yang menghubungkan berbagai peralatan melalui “dedicated cable”. Hub digunakan untuk menciptakan topologi “star” secara fisik, topologi “bus” secara logik. Hub dalam kapasitasnya dapat disebut dengan  “multiport repeater”.

3. LAN Extender

Dapat dikatakan sebagai “remote-access multilayer switch” yang terkoneksi pada sebuah router. LAN Extender melakukan fisik “forwarding” pada standar protokol “Layer Network” (IP, IPX, dan AppleTalk), dan melakukan “filter traffic” berdasarkan “MAC address” atau “tipe protokol layer Network”. LAN Extender melakukan koneksi LAN kepada Router secara WAN.

4. LAN Switch

Mampu mengakomodasi desain jaringan membentuk segmen dengan lebih baik sedikit “usres”, sehingga meningkatkan “avaible bandwidth per user”.

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bahan Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s