Backup Data

Data merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita. Namun, kadang kita lupa untuk memback-up data-data tersebut. Memback-up data banyak manfaatnya. Bukan hanya sebagai cadangan bila terkena virus, juga bila tidak sengaja terhapus, bahkan tidak sengaja terformat, kita masih mempunyai data cadangan. Ada beberapa cara dalam memback-up data;

  • Menggunakan disket

Awal mula dari perkembangan media penyimpanan adalah disket. Dahulu disket sangat digemari dalam penyimpanan data, tetapi sekarang sudah ditinggalkan setelah muncul flasdisk yang berkapasitas yang jauh lebih besar. Jika komputer anda masih memiliki fasilitas ini, ada baiknya anda gunakan untuk menyimpan cadangan file.

  •  Menggunakan USB Flasdisk

Flasdisk adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data. User sering menggunakn flasdisk untuk transfer data dari komputer satu ke komputer lainnya. Karena pertukaran data tersebut, flasdisk menjadi media penyebaran virus yang paling mendominasi. Untuk itu, kita harus berhati-hati dalam melakukan pertukaran data. Salah satu caranya yaitu dengan mematikan autorun.

Kapasitas simpan flashdisk bermaca-macam, mulai dari ukuran 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, bahkan sekarang ada yang sampai 32GB mungkin lebih dari itu. Dalam memilih flasdisk yang akan kira beli, sebaiknya perhatikan R/W-nya (Read/Write). Semakin besar R/W-nya, akan semakin bagus pula kualitas flasdisk tersebut.

  •  Menggunakan harddisk eksternal

Jika flasdisk saja tidak cukup untuk menyimpan data-data anda, harddisk eksternal adalah pilihan yang tepat untuk anda. Kapsitas harddisk eksternal yang besar membuatnya menjadi idaman. Kapasitas simpan harddisk eksternal bermacam-macam, mulai 80GB, 120GB, 160GB, bahkan sampai ukuran TB(Tera Byte=1.000GB). semakin besar kapasitas harddisk eksternal tersebut, semakin mahal pula harganya.

  •  Menggunakan CD dan DVD Writters/Re-Writers

Harga dari CD dan DVD-RW/W yang murah menjadi alternatif kita dalam menyimpa data. Kita serinng bertanya apa bedanya CD Writer dengan CD RW/Re-Writers? Jawabannya adalah CD Writer hanya dapat digunakan sekali, sedangkan CD RW/Re-Writer dapat digunakan berkali-kali (dapat dihapus dan digunakan kembali). Dalam menggunakan CD dan DVD writers/Re-Writers untuk memback-up data, kita membutuhkan CD/DVD Room dan software burning atau software yang diguakan untuk menuliskan data di atas CD/DVD tersebut.

  •  Menggunakan/memanfaatkan penyimpanan Online

Website yang menyediakan layanan upload, seperti; mediafire.com, 4shared.com, ziddu.com, rapidshare.com, dan lain-lain dapat kita manfaatkan sebagai media penyimpan file-file kita. Namun, dalam penyimpan kita harus memperhatikan privasi karena file yang disimpan ke suatu server bisa saja didownload oleh orang lain. Untuk itu, sebelum kita mengupload file tersebut, ada baiknya kita masukkan ke dalam sebuah archive lalu kita kunci dangan pasword.

Tentang togoshiba

Saya adalah saya. Bukan yang lain.
Pos ini dipublikasikan di Tips Dan Trick. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s